Selasa, 16 Juli 2013

Kelas XII (ง'̀⌣'́)ง *cumungud*

Oke :D Sekarang gue udah gak jadi anak kelas XII lagi :)

Udah gue lewatin semua Ujian-ujian :D
Thank's buat SMK TUNAS HARAPAN PATI :*
Sekarang gue bakalan barbagi pengalaman sama adek kelas gue, bukan PEMER lho ya :p
just sharing :D haha..

Eh, selamat ya jadi udah jadi kelas XII :D
Kalo di TUNAS, kelas yang angkanya paling banyak “pasti dianggap” pinter-pinter :)
Seumpama OTO 1,2,3  pasti yang pinter OTO 3 :D
Kalo yang lain berarti ya Mesin 3, LAS 2, TOI 3, TKJ 2, AK 2 :)
Sebenernya enggak kok, semua sama aja :D
Kalo kalian gak masuk di kelas yang unggulan itu, yaudah :)
Mau kalian nyesel kyk apapun juga gak bakalan bisa pindah kan :p
*nyesek’e sedelok wae*
Yang penting kalian fokus kedepane aja, kan justru kalian lebih gampang saingannya :D
*tapi juga jangan digampangkan*
Yang masuk kelas unggulan, lebih bersaing ketat :D
(y)


Awal masuk kelas XII, rasanya ada yang beda :D
Iyasih dulu gue punya banyak kakak kelas yang deket, tapi mereka gak mau cerita-cerita pengalaman kelas XII :)
Berhubung dulu gue anaknya FREAK.. dikiranya gue GOBLOK kali :p haha

Kelas XII adalah awal kalian bener-bener nentuin idup :D
Rapot semester V itu dimana lembaran-lembaran kertas dan nilai angka yang menentukan mau kemana kalian kerja ataupun kuliah :D #ceileee

Oke fine, kita ikut satu sisi dulu :)
GAK SEMUA yang bakalan gue ceritain disini bakalan manjur *kyk goyangnya siti badriah* ya setidaknya ini adalah sedikit cerita dari gue :D

Ijazah gak cuma ada nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan :)
Disitu juga bakalan ada nilai Normatif Adaptif :D
Di semester V.lah yang bakalan nentuin :)
UN sebenernya emang 50% soal diambil dari pelajaran kelas XII, tapi kelas X dan XInya juga 30% dan 20% :D

Seumpama kalian masuk Juli pertengahan :D
Sampai November kalian masih bisa kok enjoy :D
Di ke-ENJOY-an tersebutlah sebenarnya kalian harus bersungguh-sungguh :)
Udah, kalo kalian punya masalah apa aja, gak usah terlalu dibuat beban :D
FOKUS deh ke sekolah dulu :D
bukannya ngelarang kalian untuk pacaran, kalo pacaran bisa ngebuat kalian lebih semangat belajar ya malah bagus :)
Tapi jangan MODUS lho ya :D
bilangnya pengen fokus pelajaran ke pacar yang sekarang eh malah ganti pacar.. haha :p

Kelas XII emang enak kok, berawal dari PENSI kemaren.. kalian pasti banyak temen :)
Kalian juga pasti berfikiran “Mumpung jeh sekolah, dolanan sak puase mbi kancane..” :D
Boleh kok, ya emang gitu :)
tapi kalian juga udah harus mulai tanggung jawab :D
Kalo kalian pengen berubah menjadi lebih baik lagi dengan cara yang gampang
(khususnya buat kalian yang males belajar) :D

Mulai dari kelas XII kalo pelajaran Matematika kan ada absent besar kecil, sekelas cum 20 orang :)
nah, usahain kamu selalu duduk di bangku paling depan :D
Mentok sama papan tulis *kalo perlu di kursi guru* :D haha
kalo bisa juga sendirian aja, jangan mau kalo diajak duduk sebelahan :)
Secara gak langsung, kalian pasti bakalan fokus pelajaran, merhatiin guru, akhirnya mudeng dan pinter :D *Aamiin*
Jangan takud kalo dimarahin dan bakalan ditunjuk :p
Kalo bisa ya semua pelajaran kyk gitu :)
Kalo ada temen-temen yang ngejekin kamu karna tiba-tiba kamu rajin duduk paling depan, biarin aja :)
Kamu pengen pinter nggak? :D
Jangan dengerin kata orang lain. Bukan berarti kamu egois, tapi kamu mulai belajar lebih peduli dengan hidupmu sendiri terlebih dahulu :)
Jujurnya diutamakan ;)


Oh iya, jangan bawa HP disekolahan.. Udah ada aturan dilarang bawa HPkan?? Haha :D
Enggak ding, bukan itu maksudku :p
Percuma kalo kamu pelajaran tapi pengennya SMSan, Facebookan, ataupun Nge-Tweet :D
mendingan ditinggal aja dirumah :)
Kalo kalian gak suka pelajaran apa, gimana caranya kalian harus suka ! ya dengan cara apa gitu yang ngebuat kalian bisapelajaran itu :D
ya, semua pelajaran sih :) haha
kalo LES diluar kyk bimbel (bimbingan belajar) bisa ngebuat kalian menguasai pelajaran ya silahkan :D

buat yang “agak males” matematika silahkan soal yang gampang itu dikuasai dulu J
buat yang ngerasa susah bahasa inggris, rangsanglah telinga kalian dengan lagu-lagu luar kyk Avenged Sevenfold, Secondhand Serenade, Linkin Park, dll :D
secara gak langsung kalian ntar kepingin tau artinya, browsing, dan berawal dari “GOOGLE TRANSLATE” kalian bakal tambah kosa kata :D
Kalo sukanya film ya mulai sukalah sama film luar juga :D
Berawal dari hal yang sepele, HP dengan language “English”, facebook, twitter, dll J
Kalo bahasa Indonesia ya harus suka membaca :D

Mulai sehabis kalian nerima rapot semester V nantinya, kalian udah mulai bener-bener digembleng dengan Materi UN :D
Awalnya ada pemadatan yang dilaksanakan pada liburan semester :)
Mungkin emang Cuma 6 jam pelajaran, 1 kelas full 40 :D
Tapi kalian bakal ngerasain guru lain yang mungkin sebelumnya belum pernah ngajar kalian :p
Damai rasanya kalo di sekolahan isinya hanya kelas XII :)
Kalian bakal ngelihat senyum canda tawa teman kalian yang bercampur dengan perasaan takut, lelah dan sebagainya :D
Ada kebahagiaan tersendiri ketika kelas XII nantinya tiap jumat dan sabtu pake seragam biru tua :D
Januari-Maret, kalian udah ada Try Out :)
ditengah-tengah itu tetep aja kok ada tugas yang numpuk :D Apalagi pas blangko ketuntasan harus selesai dalam waktu 2 minggu itu.. duhhhh :p
Jangan khawatir kalo Try Out nilai kalian jelek-jelek :)
Aku dulu juga gitu kok :D
Satu jelek, pasti yang lain juga :p
Tapi kalian harus berusaha semaksimal mungkin :)
Yang penting itu kalian PERCAYA DIRI :D
Yakin aja sama kemampuan kalian :)
*sippppp


Kalo anak yang ditaksir jurusan lain, pasti ngelihatin nilai gebetannya juga deh :D itu pasti.. haha *senyum”*
Gpp kok kalian njadiin Try Out untuk ajang tarohan, itung-itung buat motivasi biar tambah semangat belajar, tapi ya jangan duit :D
Contoh deh, yang nilainya lebih jelek kalo berangkat sekolah suruh nyamperin dulu.. haha :D
#nebeng mumpung BBM naik kan lumayan..

Motivasi dalam belajar itu penting loh, agar kalian semakin siap menghadapi Ujian Nasional :D
Apalagi kalo kalian udah mulai bosen dengan pelajaran yang itu-itu aja :)
Coba kalian cari sesuatu yang bisa ngebuat kalian termotivasi :)
Contohnya belajar bareng sama anak jurusan lain, biar kalian bisa sama-sama sharing pelajaran saling membantu satu sama lain. Trus ngedeketin mantan kakak kelas kalian yang kalian anggap “mateng (pinter)” pada tahun kemaren. Atau adik kelas yang bisa selalu suport kalian, dll :)
* INI PERLU DICONTOH -->


Mulai Januari juga, kalian nyelesaiin ujian-ujian Praktek :)
kyk Agama, Olahraga, Ulangan-ulangan :D
Mulai Februari nanti, udah ada pengrekrutan tenaga kerja industri :D
Test-test dari Industri buat kalian yang emang mau kerja :)
Dan mulai Maret, kalian udah mulai pemadatan dan ada sarpan-sarapan pagi :D
*sarapan pagi soal maksudnya*
Setiap hari kalian ngadepin INDOMI (Inggris, Indonesia, Matematika) danTKJ (Teori Kejuruan) J
Di bulan maret juga ada tambahan beasiswa sertifikat untuk siswa berprestasi kok :D
Namanya UKBI (Bahasa Indonesia) yang diambil dari 10 besar dikelas, danTOEIC (Bahasa Inggris) yang dipilih oleh ketentuan guru :p
Anggep aja kalian yang ikut UKBI atau TOEIC itu sebagai bonus, gak usah dibikin beban :)
Yang penting UNnya :D
Bulan Maret Juga kalian bakalan UKK (Ujian Kompetensi Keahlian) :)
Dan juga Ujian Sekolah :D
*duh bisa ngebayangin gak capeknya kyk apa*
Ujian sekolah diusahaain maksimal ya :)
30% loh bobotnya :D
(tetep jaga kesehatan, makan yang bergizi dan teratur, kurangin kegiatan yang gak terlalu penting)
Dan Akhirnya tempur UN pada bulan April :D
Trus masih ada 1 lagi yaitu UKI (Uji Kompetensi Industi) :p
*jangan sampe kaya gini ya :D

Tetep jaga kekompakan ya sama temen satu kelas :)
Ya satu sekolahan deh gitu :D
Bikinlah grup FB, yang disitu kalian bisa tuker informasi ujian-ujian ataupun sekedar share kisi-kisi :D
Jangan saling nyalahin, jangan pada emosi trus dikit-dikit berantem :p
Kalian capek juga barang-bareng kok :D
Susah seneng menderita dihukum, semuanya bareng :)
*ngebayangin dihukum pak parno fisika*
Kalo kalian pinter, jangan lengah untunk ngedeketin teman kalian yang “kurang pinter” :D
Orang pinter juga gak ada gunanya kok kalo gak mau ngebantu temene :)
Kalo kata bu Wahyu ya : “Wong pinter tapi pelit iku raono gunane” :D
Kalian bakalan 5 paket :D tenang aja..
Kalo aku kemaren 20 paket itu WOW banget :)
*HOROR* dengan kalian emang bener-bener gak bisa contek temen kalian :p
Kalo 5 paket kan satukelas ada 4 orang yang sepaket :)
Jangan takut :D
Ape (suidakrolas) paket, kalo kalian percaya dengan kemampuan bekal kalian sendiri, kalian pasti bisa :)
*jangan sampe kyk gini* #biasaajaya


Ada tambahan nih, buat kalian yang pengen KERJA dapet rekrutan dari sekolah, kayak Politeknik Manufacturing Astra (POLMAN), Astra Honda Motor (PT.AHM), PT.SINARMAS GROUP, PT.YUTAKA, PT.SUGITY, PT.DENSO, dll..
Yang pertama, pasti dicari yang rangkingnya 5 besar..
Semangat buat ngedapeting 5 besar di kelas ya :)
Trus selanjutnya matematikanya dikencengin :D
Gampang kok, kyk traplin dan matematika dasar :p
Traplin itu kyk
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Dihitung dari bawah, diambil angka belakang :D
Seumpama 9+8 = 17
di tengah-tengah angka situ kalian nulis angka 7 :)
Soal kyk gitu minimal lah kalian latihan 1 kertas A4 :D
Kalo di AHM se buku gambar A3 :D
*gede*
Sering baca-baca buku Psikotest :D
Mulailah kalian mencintai perpus ketimbang kantin :D haha
Kalo matematika dasar itu cepet”an ngitung..
Seumpama 0,63 + 42% - 2/5 = ...
Nah, soal kyk gitu-gitu sih paling :D

Masing-masing Industri beda-beda kok :D
Silahkan kalian tanya-tanya ke kakak kelas yang udah kerja di Industri yang kalian pengen :D
Khusus untuk cewek, hanya ada beberapa Industri yang bisa kalian masuki :p

Jangan pernah kalian takut untuk mencoba semua Industri :)
Mumpung ada kesempatan, coba aja semua :D
kecuali kalian yang udah ada Niat kuliah :)

Kuliah ada jalurnya sendiri-sendiri :D
SNMPTN yaitu kalian input data nilai via Online dan milih 2 Universitas yang kalian pengen :D
Kalo kalian gak lolos lewat jalur itu, kalian lewat tes SBMPTN :)
Test yang kalian harus belajar lagi kyk IPA/IPS :p
*akeh ramudeng'e*
Dan lain-lain :) masing masing Univ juga ada jalurnya masing-masing :D

Jangan pandag jurusan ! Kalian jurusan apa aja, tidak menutup kemungkinan bisa kerja atopun kuliah dijurusan apa aja ! Kalo mau ada yang ditanyain, silahkan menghubingi kakak kelas yang udah berkecimpng ke dunia yang kalian tuju :D

Jangan juga kalian percaya sama hal-hal yang GOBLOK !
Pergi ke Dukun *misalnya* , atau ketik sms REG (spasi) LULUS kirim ke Neraka , atau beli kunci jawaban yang belum pasti kebenarannya , dll :D
*atau contoh seperti ini :D #OraUsum


Tetep jaga kesehatan, kekompakan, yang Isalam Sholat wajibnya dikencengin, tambah puasa dan sholat-sholat sunah, sedekah :) dan yang non I silahkan menyesuaikan :D
Kelakuan kalian juga menentukan masa depan :)
Kalian bisa gak lulus kalo SIKAP kalian jelek :p
Berbakti kepada orang tua, jangan nakal, minta doa restu, buat mereka bangga sama kalian, tetep belajar, sekolahnya bener-bener tapi jangan dibuat beban, semua tugas dibikin enjoy, saling membantu, berusaha CERDAS, biar cita-citanya tercapai dan menjadi orang SUKSES :) Aamiin

Suatu saat nanti, kita akan ketemu di puncak kesuksesan :)
Yakin kalian SEHAT CERDAS LULUS SUKSES KAYA AAMIIN :D
Semoga tulisan ini bisa memotivasi dan bermanfaat buat kalian :)
Apalagi kalo kalian bisa Sukses karena membaca ini, duuhhh pasti gue bakalan bangga :D *lebesitik*

SUKSES BUAT KALIAN SEMUA :D